Kamis, 01 Januari 2015

KUMPULAN RESUME>> PERUSAHAAN dlm PASAR KOMPETITIF




NAma : Tegar pribadi
14.0101.0070
PERUSAHAAN DALAM PASAR KOMPETITIF
                                                                  Sebuah pasar disebut kompetitif jika setia pembeli dan penjual lebih sedikit di bandingkan dengan ukuran pasar, dan dengan demikian, memliki sedikit sedikit untuk memngaruhi harga pasar. Sebaliknya, jika sebuah perusahaan dapat memengaruhi harga pasar barang yang dijualnya maka perusahaan tersebut disebut memiliki kekuata pasar.
A.      Pasar kompetitif

Pasar kompetitif (competitive market) terkadang disebut dengan pasar kompeitif sempurna yang  memeiliki dua syarat sebagai berikut :
a.       Ada banyak pembeli dan banyak penjual di psar tersebut.
b.      Barang yang ditawarkan oleh banyaj penjual sama besarnya.

Selain dua syarat kompetitif tersebut , ada syarat ketiga yang terkadang dianggap mendirikan pasar kompetitif sempurna ,yaitu :
·         Perusahaan dapat bebas masuk atau keluar pasar.

B.      Pendapatan  perusahaan Kompetitif.

Sebuah perusahaan di pasar kompetitif, seperti halnya perusahaan lain di dunia bisnis,mencoba untuk memaksimalkan keuntungannya yang setara dengan total pendapatan dikurangi total biaya.

a.       Pendapatan rata-rata (average revenue)
Pendapatan total di bagi dengan jumlah penduduk terjual.

b.      Pendapatn marginal (marginal revenue)
Peruabahan pendapatan total dari penjualan setiap unit produk tambahan

c.       Biaya marginal sebagai kurva penawaran perusahaan kompetitif
Kenaikan harga P1 menjadi P2 mengarah pada kenaikan jumlah yang memaksimalkan keuntungan dari Q1 menjadi Q2 , karena kurva baiaya marginal menunjukan jumlah yang di suplay oleh peruahaan pada harga yang telah ditentukan ,kurva ini merupakan kurva penawaran perusahaan. Kurvanya di bawah ini
d.      Kurva penawarn jangka pendek perusahaan kompetitif.
Dalam jangka pendek, kurva penawaran perusahaan kompetitif adalah kurva biaya marginalnya yang berada di atas biaya variable (AVC). Jika harga berada di bawah baiay variable rata-rata ,sebaiknya perusahaan berhenti.

e.      Kurva Penawaran jangka panjang perusahaan kompetitif

Dalam jangka panjang, kurva penawaran perusahaan kompetitf adalah kurva biaya mergialnya yang berada diatas biaya total rata-rata (ATC) .jika harga ada di bawah biaya total rata-rata ,sebaiknya perusahaan keluar dari pasar. Berikut kurvanya.

1 komentar: