OLIGOPOLI
Oligipoli (oligopoly)
struktur pasar dimana hanya ada beberapa
penjual menawarkan produk yang serupa atau sama. Akibatnya, yang
dilakukan oleh satu penjual di pasar ini dapat memberikan dampak yang besar
pada keuntungan semua penjual lainnya. Dengan kata lain, perusahaan-perusahaan
oligopolistik menjalin hubungan kesalingbergantungan, yang terjadi antara
perusahaan-perusahaan di pasar kompetitif.
Salah satu contohnya
adalah pasar minyak mentah dunia : beberapa Negara timur Tengah mengendalikan
sebagian besar cadangan minyak dunia.
Kompetisi monopolistic (monopolistic
competition) mengagambarkan struktur pasar dimana ada banyak perusahaan
menjual produk yang serupa ,tetapi tidak sama ,contohnya pasar novel, film, CD
dan game computer. Dalam pasar kompetitif yang
monopolistic ,setiap perusahaan memiliki monopoli atas produk yang dibuatnya
,tetapi banyak perusahaan lainnya membuat produk yang serupa yang memperebutkan
pelanggan yang sama.
Produk
yg
identik
|
|
|
berbeda-beda
|
Perusahaan
*Empat jens Struktr Pasar
1.
PASAR
DENGAN SEDIKIT PENJUAL
Karena oligopolistik
hanya memiliki kelompok kecil penjual, fitur utama oligopoly adalah tekanan
antara perusahaan dengan kepentingan pribadi.
A.
Contoh
duopoly
Pasar
perusahaan oligopoly yang hanya memeiliki dua anggota perusahaan, yang disebut
dengan duopoly, itu merupakan jenis oligopoly yang paling sederhana.
B.
Kolisi
( collusion)
Kesepakatan
dia antara perusahaan – perusahaan dalam sebuah pasar tentang jumlah yang akan
diproduksi atau jumalah harga yang akan ditentukan.
C.
Kartel
(cartel)
Sekelompok
perusahaan-perusahaan yang bertindak secara serempak.
D.
Keseibangan
suatu oligopoly
Meskipun
perusahaan –perusahaan oligopoly ingin membentuk sebuah kartel dan memperoleh
keuntungan monopoli, seringkali hal ini tidak mungkin dilakukan. Undang-undang
Antitrust melarang kesepakatan yang jelas di anatar perusahaan oligopoly
sebagai suatu kebijakan public. Selain itu percecokan anata para anggota kartel
tentang bagaimana berbagi keuntungan di pasar terkadang membuat kesepakatan
monopoli di antara mereka tidak mungkin terjadi.
Keseimbangan Nash
(nash equilibrium)
Situasi
di mana semua pelaku ekonomi yag berinteraksi satu sama lain,masing-masng
memilih strategi terbaik bagi mereka sendiri dengan mempertimbangakan
strategi-strategi yang telah di pilih oleh pihak lain.
Ringkasanya
, ketika perusahaan – perusahaan di pasar
oligopoly masing-masingnya memilih produksi untuk memaksimalkan laba,
perusahaan-perusahaan tersebut memproduksi kuantitas hasil lebi besar dari pada
level yang diproduksi pasar monopoli dan lebih kecil daripada level yang
diproduksi oleh pasar kompetitif. Harga oligopoly lebih kecil daripada harga
monopoli, tetapi lebih besar daripada harga kompetitif.
2.
TEORI
PERMAINAN dan ILMU EKONOI KERJA SAMA
Teori
permainan (game
theory) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang-orang berperilaku dalam
situasi – situasi strategis. maksud “ strategis” di sini adalah situasi dimana
setiap orang ,ketika memutuskan apa tindakan yang akan dilakukan ,harus
mempertimbangkan bagaimana sekiranya respon orang lain terhadapa tindakannya
itu.
A.
Dilema
tahanan
Sebuah “permainan” khsus yang penting bernama dilemma tahanan (prisoner’s dilemma). Permainan ini memberikan
pengetahuan kepada kita tentang sulitnya menjaga kerja sama. Sering kali dalam
hidupnya , orang-orang gagal bekerja sama antara satu sama lain, bahkan ketika
kerja sama dapat membuat keadaan lebih baik.
Dalam bahasa teori permainan ,suatu strategy disebut
strategi dominan (dominant strategy) jika startegi tersebut
adalah srategi ynag terbaik yang dapa diikuti oleh setiap pemain ,apa pun
strategi yang dikejar oleh pemain yang lain.
B.
Oligopoli
sebagai Dilema tahanan
Apakah
hubungan dilemma tahan dengan pasar dan kompetisi tidak sempurna? Ternyata
permainan yang dipermainkan oleh perusahaan-perusahaan di pasar oligopoly dalam
mencoba mancapai hasil monopoli mirip dengan permainan yang dimainkan oleh oleh
kedua tahanan dalam dilemma tahanan. Dalam permainan anatar dua anggota
oligopoly ,keuntungan yang akan diperoleh masing-masingnya bergantung pada
keputusan produksinya maupun keputusan produksi anggota oligopoli lainya.
Contoh lain dari dilemma tahanan :
a.
Perlombaaan
senjata
b.
Pemasangan
iklan
c.
Sumberdaya
milik bersama
3.
Kebijakan
public tentang oligopoly
Salah satu dari
Sepuluh prinsip ekonomi adalah pemerintah terkadang mampu memperbaiki hasil
akhir mekanisme pasar. Penerapan prinsip ini dalam pasar oligopoly, sebagai
persoaln general. Mari kita lihat bagaimana para pemangku kebijakan
melakukannya dan kemudian menelaah kontroversi yang terjadi di area kebijakan.
A.
Pengendalian
perdagangan dan undang-undang Antitrust AS
Sala
satu cara mencegah kerja sama adalah dengan undang-undang. Biasanya, kebebsan
kontrk adalah bagaian yang esensial dari ekonomi pasar.
B.
Kontroversi
terhadap kebijakan Antitrusr
Undang-undang
Antritrust telah digunakan untuk menghukum beberapa praktik bisni yang
dampakanya tidak jelas. Berikut adalah contohnya .
a.
Penetapan
harga jual eceran
b.
Penetapan
harga terlalu rendah
c.
Penggabungan
produk
4.
Kesimpulan
Perusahaan-perusahaan
oligopoly memaksimalkan total keuntungannya dengan membentuk kartel dan
bertindak sperti perusahaan monopoli. Dilema tahanan menunjukan bahwa
kepentingan pribadi dapat mencegahorang-orang untuk memelihara kerja sama,bahan
ketika kerja sama tersebut saling menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar