Kamis, 01 Januari 2015

KUMPULAN RESUME>> OLIGOPOLI by TEgar Pribadi



OLIGOPOLI
Oligipoli  (oligopoly) struktur pasar dimana hanya ada beberapa  penjual menawarkan produk yang serupa atau sama. Akibatnya, yang dilakukan oleh satu penjual di pasar ini dapat memberikan dampak yang besar pada keuntungan semua penjual lainnya. Dengan kata lain, perusahaan-perusahaan oligopolistik menjalin hubungan kesalingbergantungan, yang terjadi antara perusahaan-perusahaan di pasar kompetitif.
Salah satu contohnya adalah pasar minyak mentah dunia : beberapa Negara timur Tengah mengendalikan sebagian besar cadangan minyak dunia. Kompetisi  monopolistic  (monopolistic competition) mengagambarkan struktur pasar dimana ada banyak perusahaan menjual produk yang serupa ,tetapi tidak sama ,contohnya pasar novel, film, CD dan game  computer. Dalam pasar kompetitif yang monopolistic ,setiap perusahaan memiliki monopoli atas produk yang dibuatnya ,tetapi banyak perusahaan lainnya membuat produk yang serupa yang memperebutkan pelanggan yang sama.



 
             
                                                                                                                                    Produk yg
identik
Persaingan
monopolistik
 
Kompetisi
sempurna
 
Monopoli
 
            satu perusahaan                       Produk yang
berbeda-beda              

Oligopoli
 
Beberapa
                        Perusahaan

*Empat jens Struktr Pasar


1.      PASAR DENGAN SEDIKIT PENJUAL
Karena oligopolistik hanya memiliki kelompok kecil penjual, fitur utama oligopoly adalah tekanan antara perusahaan dengan kepentingan pribadi.

A.     Contoh duopoly
Pasar perusahaan oligopoly yang hanya memeiliki dua anggota perusahaan, yang disebut dengan duopoly, itu merupakan jenis oligopoly yang paling sederhana.
B.     Kolisi ( collusion)
Kesepakatan dia antara perusahaan – perusahaan dalam sebuah pasar tentang jumlah yang akan diproduksi atau jumalah harga yang akan ditentukan.

C.     Kartel (cartel)
Sekelompok perusahaan-perusahaan yang bertindak secara serempak.

D.     Keseibangan suatu oligopoly
Meskipun perusahaan –perusahaan oligopoly ingin membentuk sebuah kartel dan memperoleh keuntungan monopoli, seringkali hal ini tidak mungkin dilakukan. Undang-undang Antitrust melarang kesepakatan yang jelas di anatar perusahaan oligopoly sebagai suatu kebijakan public. Selain itu percecokan anata para anggota kartel tentang bagaimana berbagi keuntungan di pasar terkadang membuat kesepakatan monopoli di antara mereka tidak mungkin terjadi.

Keseimbangan Nash (nash equilibrium)
Situasi di mana semua pelaku ekonomi yag berinteraksi satu sama lain,masing-masng memilih strategi terbaik bagi mereka sendiri dengan mempertimbangakan strategi-strategi yang telah di pilih oleh pihak lain.

Ringkasanya ,  ketika perusahaan – perusahaan di pasar oligopoly masing-masingnya memilih produksi untuk memaksimalkan laba, perusahaan-perusahaan tersebut memproduksi kuantitas hasil lebi besar dari pada level yang diproduksi pasar monopoli dan lebih kecil daripada level yang diproduksi oleh pasar kompetitif. Harga oligopoly lebih kecil daripada harga monopoli, tetapi lebih besar daripada harga kompetitif.

2.      TEORI PERMAINAN dan ILMU EKONOI KERJA SAMA
Teori permainan (game theory) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang-orang berperilaku dalam situasi – situasi strategis. maksud “ strategis” di sini adalah situasi dimana setiap orang ,ketika memutuskan apa tindakan yang akan dilakukan ,harus mempertimbangkan bagaimana sekiranya respon orang lain terhadapa tindakannya itu.

A.     Dilema tahanan
Sebuah “permainan” khsus yang penting bernama dilemma tahanan  (prisoner’s dilemma). Permainan ini memberikan pengetahuan kepada kita tentang sulitnya menjaga kerja sama. Sering kali dalam hidupnya , orang-orang gagal bekerja sama antara satu sama lain, bahkan ketika kerja sama dapat membuat keadaan lebih baik.
Dalam bahasa teori permainan ,suatu strategy disebut  strategi dominan  (dominant strategy) jika startegi tersebut adalah srategi ynag terbaik yang dapa diikuti oleh setiap pemain ,apa pun strategi yang dikejar oleh pemain yang lain.


B.     Oligopoli sebagai Dilema tahanan
Apakah hubungan dilemma tahan dengan pasar dan kompetisi tidak sempurna? Ternyata permainan yang dipermainkan oleh perusahaan-perusahaan di pasar oligopoly dalam mencoba mancapai hasil monopoli mirip dengan permainan yang dimainkan oleh oleh kedua tahanan dalam dilemma tahanan. Dalam permainan anatar dua anggota oligopoly ,keuntungan yang akan diperoleh masing-masingnya bergantung pada keputusan produksinya maupun keputusan produksi anggota oligopoli lainya. Contoh lain dari dilemma tahanan :
a.       Perlombaaan senjata
b.      Pemasangan iklan
c.       Sumberdaya milik bersama
3.      Kebijakan public tentang oligopoly
Salah satu dari Sepuluh prinsip ekonomi adalah pemerintah terkadang mampu memperbaiki hasil akhir mekanisme pasar. Penerapan prinsip ini dalam pasar oligopoly, sebagai persoaln general. Mari kita lihat bagaimana para pemangku kebijakan melakukannya dan kemudian menelaah kontroversi yang terjadi di area kebijakan.

A.     Pengendalian perdagangan dan undang-undang Antitrust AS
Sala satu cara mencegah kerja sama adalah dengan undang-undang. Biasanya, kebebsan kontrk adalah bagaian yang esensial dari ekonomi pasar.

B.     Kontroversi terhadap kebijakan Antitrusr
Undang-undang Antritrust telah digunakan untuk menghukum beberapa praktik bisni yang dampakanya tidak jelas. Berikut adalah contohnya .
a.       Penetapan harga jual eceran
b.      Penetapan harga terlalu rendah
c.       Penggabungan produk

4.      Kesimpulan
Perusahaan-perusahaan oligopoly memaksimalkan total keuntungannya dengan membentuk kartel dan bertindak sperti perusahaan monopoli. Dilema tahanan menunjukan bahwa kepentingan pribadi dapat mencegahorang-orang untuk memelihara kerja sama,bahan ketika kerja sama tersebut saling menguntungkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar