Kamis, 01 Januari 2015

KUMPULAN RESUM>> KOMPETISI MONOPOLISTIK by Tegar pribadi




KOMPETINSI MONOPOLISTIK 
Pasar memiliki beberapa karakteristik kompetisi/persaingna dan beberapa karakteristik monopoli. Struktur pasar ini disebut kompetisi monopolistic (monopolistic competiton). Adapun artinya adalah struktur pasar dimana banyak perusahaan menjual produk yang serupa tetapi tidak sama . Kompetisi ini menggambarkan sebuah pasar dengan sifat-sifat sebagi berikut .
*      Banyak penjual : terdapat banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan kelompok konsumen yang sama.
*      Diferensial produk : Setiap perusahaan menhasilkan produk yang setidaknya sedikit berbeda dari produk perusahaan lainnya.
*      Bebas masuk : perusahaan dapat memasuki (atau keluar dari ) pasar dengan tanpa halangan.

A.      KOMPETISI DENGAN PRODUK TERDEFERENSIASI

1.       Perusahaan Kompetisi Monopolistik dalam jangka pendek
Perusahaan monopolistic mengikuti aturan monopoli dalam hal memaksimalkan keuntungan : perusahaan memilih kuantitas saat pendapatan marginal sama dengan biaya marginal dan kemudian menggunakan kurva permintaan untuk menemukan harga yag sesuai dengan kutantitas tersebut.

2.       Keseimbangan jangka panjang
Dalam sebuah pasar kompetitif monopolistik, jika perusahaan-perusahaan menghasilkan keuntungan maka perusahaan baru akan masuk baru akan masuk dan kurva pemintaan perusahaan-perusahaan yang sudah ada sebelumnya bergeser ke kiri. Hal senada jika perusahaan mengalami kerugian ,perusahaan lama akan keluar, dan kurva permintaan pada perusahaan yang betahan bergeser kekanan. Karena adanya pergeseran permintaan ini, perusahaan yang kompetitif monopolistik pada akhirnya menemui keseimbangan jangka panjang ,harga sama dengan biaya total rata-rata dan perusahaan memperoleh keuntungan nol.  

3.       Kompetisi monopolistic VS Kompetisi Sempurna
Terdapat dua perbedaan penting. Pertama, perusahaan kompetitif sempurna berproduksi pada skala efisien denan biaya total rata-rata yang diminimalkan. Sebaliknya, perusahaan kompetitif monopolistic berproduksi pada jumlah yang kurang dari skala efisien. Kedua , harga sama dengan  biaya marginal pada persaingan sempurna ,tetapi harga diatas biaya marginal pada persaingan monopolistic

4.       Kompetisi Monopolistik dan Kesejahteraan Masyarakat
Bahwa pasar kompetitif monoplistik tidak memiliki semua sifat-sifat kesejahteraan masyarakat yang diinginkannya seperti pada dasar kompetitif sempurna. Maksudnya, tangan tak tampak tidak memastikan bahwa surplus total dapat memaksimalkan pada kompetisi monopolistic. Namun, kerena ketidakefisienan itu tidakjelas terlihat, sulit di ukur, dan sulit diperbaiki.


B.      PERIKLANAN
Hampir tidak mungkin melewati hari biasa  dalam perekonomian modern tanpa dibombardir oleh iklan. Apakah ketika anda sedang membaca surat kabar,menonton televesi, atau berkendara di jalan, ada peusahaan yang akan menawarkan dan mecoba meyakinkan Anda untuk membeli produknya. Perilaku seperti ini adalah sebuah sifat alami pada kompetisi monopolistic. Ketika perusahaan-perusahaan menjual produk terdeferensiasi dan mentapakan harga di atas biaya marginal, setiap perusahaan memiliki dorongan untuk memasang iklan agar menarik lebih banyak pembeli terhadap produk tertentu.

1.       Perdebatan mengenai Periklanan
Apakah masyarakat menyia-nyiakan sumber daya untuk periklanan ? taukan periklanan memiliki tujuan yang berharga ? menentukan nilai social periklanan adalah hal yang sulit dan sering memunculkan argument panas diantar para ahli ekonomi. Marai pertimbangkan kedua sisi dari perdebatan ini.

a.       Kritik terhadap periklanan
Para kritikus periklanan berpendapat bahwa perusahaan – perusahaan memasang iklan agar memanipulasi selera orang-orang. Banyak iklan yang lebih  bersifat psikologis daripada memberikan informasi.

b.      Dukungan terhadap periklanan
Para pendapat periklanan berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan menggunakan iklan untuk memberikan informasi kepada kosumen. Iklan menyampaikan harga barang yang ditawarkan, hadirnya produk baru , dan lokasi pengecer.

c.       Periklanan sebagai Isyarat Kualias
Barapa banyak informasi yang sebenarnya diberikan oleh iklan tersebut? Jawabanya adalah : lebih banyak yang anda kira. Para pendukung periklanan berpendapat bahwa iklan yang terlihat memberikan sedikit informasi mungkin sebenarnya memberikan esuatu kepada konsumen tentang kualitas produk. Kesedian perusahaan – perusahaan untuk menghabiskan sejumlah uang besar untuk iklan sendiri dapat menjadi isyarat kepada konsumen tentang kualiatas produk yang ditawarkan.

d.      Nama Merek
Periklanan berkaitan erat dengan adanya nama merek. Di banyak pasar, terdapat dua macam perusahaan. Beberapa perusahaan menjual produk dengan nama merek yang dikenal luas,sedangkan perusahaan-perusahaan yang alain menjual barang substitusi yang umum.


C.      KESIMPULAN
Kompetisi monopolistic sesuai dengan namanya : merupakan gabungan dari monopoli dan kompetisi. Seperti monopoli ,setiap kmpetitor monopolistic memiliki kurva permintaan yang menurun sehingga menetapak harga diatas biaya marginal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar